Senin, 13 Juli 2015

Keindahan Bumi Borneo

Keinginan Melihat Takjubnya Bumi Borneo



Bumi borneo atau sebutan lain dari pulau Kalimantan merupakan paru-paru duni yang harus di jaga. Keindahan alam yang terdengar dari orang bahwa disana masih asri nyaman dan meneduhkan. Kekayaan alam yang terdengar sampai negeri sebrang membuat tangan-tangan nakal mengeruk kekayaan alam yang tersimpan, mulai dari hasil bumi, laut, satwa maupun pepohonan yang seharusnya di jaga sebagai penyangga dunia untuk bumi dan tanah air tercinta.

Sebelum tanah Kalimantan menghilang dari peradaban dan semoga saja masih tetap terlestarikan, ingin rasanya menikmati keindahan alam yang ada di bumi borneo. Karya Sang Maha Kuasa yang indah tersebut mempunyai segudang keindahan alam yang di sajikan. Keinginan saya untuk melihat keindahan alam tersebut supaya dapat menenangkan jiwa, dengan melihat keindahan alam semoga dapat menghilangkan luka dalam.

Terios merupakan solusi kenyamanan yang di tawarkan untuk dapat menjelajahi "bumi Borneo," dengan faktor keamanan  pengendara ataupun penumpang dapat nyaman menikmati indahnya alam. Pemilik tenang ketika Terios di tinggal, dilengkapi dengan Immobilizer & Alarm (kunci anti-maling dilengkapi dengan alarm). Lebih aman bagi penumpang, karena terios di lengkapi dengan window jam protection (pintu jendela otomatis turun saat ada benda diatas), all row seatbelt & headrest (sabuk pengaman untuk semua penumpang), Protensioner & force limiter seatbelt (kursi di rancang khusus untuk mengurangi potensi cidera saat airbag sistem mengembang).

Keamanan lain yang di tawarkan dari Terios yaitu  side impact beam dan  anti Lock breaking system. Kedua sistem ini merupakan rancangan pengamanan apabila terjadi benturan dari samping. Sehingga cidera fatal dapat di hindari. Meskipun demikian, semoga selamat sampai tujuan.

Tujian destinasi wisata yang dapat di tempuh menggunakan Terios di mulai dari kota Palangkaraya, Kruing-Banjarmasin, Pulau Kaget dan Kandangan, Amuntai dan Balikpapan, Samarinda, Tanjung Kutai dan Pulau Maratua.

Apa sajakah keindahan alam yang tersajikan di tempat tersebut? Berikut,

1. Kota Palangkaraya


Obyek wisata Sungai Kahayan

Palangkaraya merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah terbesar di Indonesia dan yang pernah di gadang-gadang menjadi ibukota Indonesia. Sebagai bagian paru-paru dunia, wilayah Palangkaraya masih berupa hutan (hutan lindung). Hutan lindung tersebut di antaranya termasuk hutan lindung Tangkiling. 
Wilayah yang sebagian hutan harus di jaga supaya terjadi keseimbangan alam dan satwa yang ada masih tetap bisa bertahan. 


2. Kruing-Banjarmasin

Pasar Terapung Bnjarmasin

Selain wisata alam yang di sajikan di Kruing-Banjarmasin terkenal dengan aneka kuliner di antanya Durian dan Lontong Orari.

3. Pulau Kaget dan Kandangan

Satwa endemik : Bekantan

Pulau Kaget terkenal akan habitat dari kera hidung panjang / Bekantan, Bekantan sendiri merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan. Pulau ini terletak di tengah-tengah sungai Barito, sehingga kawasan ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Barito Kuala. Selain Bekantan, di Pulau Kaget juga terkenal adanya satwa burung.

4. Amuntai dan Balikpapan

Kota Balikpapan

Amuntai adalah ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara, maskot kota Amuntai yaitu Patung Itik Alabio. Balikpapan sendiri mempunyai maskot Beruang Madu yang berada di ambang kepunahan. Balikpapan sering di sebut Kota Minyak (Banua Putra), sebagai penghasil minyak kota Balikpapan terkenal dengan biaya ter-mahal di Indonesia. 
Sisi lain dari kota Amuntai dan Balikpapan tersimpan keunikan dalam pemeliharaan kerbau rawa yang dibiarkan bebas berkeliaran, di samping itu terdapat pula penangkaran buaya.

5. Samarinda

Kota Samarinda

Samarinda tempo dulu merupakan salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, sekarang Samarinda menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Banyak wisata yang di tawarkan dari kota yang terkenal dengan maskot Pesut Mahakam ini (punah dan butuh pelestarian), mulai dari wisata alam berupa Air terjun Tanah Merah, Air terjun Berambai dan banyak lagi lainnya.

Wisata budaya, wisatawan bisa mengunjungi Desa Budaya Pampang. Atraksi yang di peragakan dari suku Dayak Kenyah. Sedangkan, wisata religi yang terkenal yaitu Masjid Shiratal Mustaqiem (masjid tertua di Samarinda).

6. Tanjung Kutai

Peta lokasi Kutai Kartanegara

Tanjung Kutai terkenal dengan kayu ulin yang kuat bisa juga disebut kayu besi. Kayu ulin merupakan tanaman khas Kalimantan, dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

7. Pulau Maratua

Pulau Maratua tampak atas (Google_Map)

Pulau Maratua merupakan pulau yang termasuk dalam daerah provinsi Kalimantan Timur dan dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Berau. Pulau Maratua merupakan bagian dari kepulauaun dari Kepulauan Derawan yang masuk dalam kawasan segitiga terumbu karang, sehingga memiliki kekayaan aneka ragam hayati laut. Pulau-pulau tetangga Maratua juga memiliki keindahan bawah laut yang menarik untuk dijelajahi.

Ayo... Segera nikmati keindahan Bumi Borneo dengan keamanan dan kenyamanan Daihatsu Terios.
Semoga indahnya alam Indonesia dapat di nikmati langsung oleh penulis, salam buat Bumi Borneo. Terimakasih atas kunjungannya :)


0 komentar:

Posting Komentar