Senin, 15 Desember 2014

Sistem Pengelolaan Air / Resirkulasi (resirculation)

Resirkulasi / resirculation



skema resirculation/resirkulasi


Masih dalam lanjutan posting sebelumnya sistem pengelolaan air / pergantian air, sekarang penulis akan mencoba berbagi pengetahuan tentang sistem pengelolaan air kedua dalam akuarium ataupun wadah biota akuatik. Sistem tersebut yaitu RESIRKULASI, ada beberapa pendapat tentang pengertian RESIRKULASI, penulis sendiri mengartikan bahwa resirkulasi merupakan upaya untuk menjaga dan mengontrol kualitas air dengan cara memberika filtrasi/penyaringan air yang ditempatkan diluar wadah. Ada beberapa pendapat tentang resirkulasi, berikut diantaranya :
Menurut Spotte (1970), bahwa sistem resirkulasi merupakan suatu wadah pemeliharaan biota akuatik menggunakan sistem perputaran air, yaitu air dialirkan dari wadah pemeliharaan ikan ke wadah filter (treatment) lalu dialirkan ke wadah pemeliharaan. Menurut Suantika (2001), bahwa sistem resirkulasi akuakultur atau Recirculation Aquaculture System (RAS) yang telah digunakan sejak tahun 1990-an, merupakan teknik budidaya yang relatif baru dan unik dalam industri perikanan). Menurut Tetzlaff dan Heidinger (1990), bahwa sistem ini menggunakan teknik akuakultur dengan kepadatan tinggi di dalam ruang tertutup (indoor), serta kondisi lingkungan yang terkontrol sehingga mampu meningkatkan produksi ikan pada lahan dan air yang terbatas, meningkatkan produksi ikan sepanjang tahun, fleksibilitas lokasi produksi, pengontrolan penyakit dan tidak tergantung pada musim. Menurut Suresh dan Lin (1992), bahwa sistem resirkulasi merupakan budidaya intensif yang merupakan alternatif menarik untuk menggantikan sistem ekstensif, dan cocok diterapkan di daerah yang memiliki lahan dan air terbatas.
Cara pembuatan sistem resirkulasi yaitu dengan mempersiapkan alat dan bahan, berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan :

No.
Nama Alat
Fungsi
1.
Akuarium
Media budiday kultivan
2.
Peralon kecil
Media pertukaran air
3.
Pasir Malang
Penyusun filtrasi
4.
Batu Kerikil
Penysusun filtrasi
5.
Water heater
Penstabil suhu
6.
Water Pump
Pensuplai air / memutar air
7.
Bak penampungan
Tempat penyusunan filtrasi
8.
Batu hias
Penyusun filtrasi
9.
Dakron
Penyusun filtrasi
10.
Pipa U
Perputaran air dari akuarium
11.
Pipa
Pensuplai air

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

1 komentar: