Minggu, 21 Januari 2018

Beberapa Penyakit dan Obat yang Sebaiknya diketahui Anak Kost


Sebagai manusia biasa, pasti tidak mungkin dong kebal akan penyakit. Apalagi anak kostan, ya kan? Tentu ada penyakit yang timbul jika kita tidak mencegahnya sedari awal. Anak kost yang jauh dari pengawasan orang tua, ada baiknya menjaga kebersihan kamar untuk mencegah penyakit. Tapi, namanya juga anak kostan. Apalagi cowok kayak aku ini, mesti kamar berantakan dan syukurnya udah sedikit biasa terserang penyakit dan lumayan kebal (sistem imun terbentuk) :D.

Baiklah, sesuai pengalaman. Maka ada beberapa yang agan harus ketahui tentang penyakit yang sering menyerang anak kostan dan beberapa obat yang digunakan. Sebelumnya, ini menurut pengalaman pribadi ya, kalau ada salah-salah silahkan di komentari saja dan tidak bermaksud untuk promosi obat-obatan lho gan. Matur thankiyu gan... Berikut :

Ilustrasi : macan kembung

Kembung VS Minyak Kayu Putih

Penulis sendiri kalo bicara minyak kayu putih sih sebenarnya gak begitu suka baunya. Tapi, namanya juga anak kost kadang juga masuk angin dan kembung. Maka pertolongan pertamanya ya ini nih, Minyak Kayu Putih cap apa saja boleh gan. Oh ya, kalau kulit kena ulat bulu atau gigitan nyamuk yang menyebabkan gatal dan mbintul-mbintul (bintik-bintik merah) bisa juga lho gan. Maka sediakanlah minyak kayu putih, minimal ada teman yang punya supaya boleh di gunakan gan. Adalagi nih gan, kalo pilek pengen hidung gak mumpet bisa juga untuk menyegarkan pernafasan dengan menghirup minyak kayu putih ini gan. Lebih jelasnya BACA

Demam VS Paracetamol


Ini nih gan, yang biasa menyerang saat sering begadang mengerjakan paper, makalah, tugas, laporan yang tebalnya sampai 8 cm. Belum lagi yang mengerjakan skripsi, pasti mumet dan begadang untuk mengerjakannya. Karena saking mumetnya jadi pergi keluar nyari angin, eh malah kehujanan. Nah, hal ini yang bisa jadi pemicu timbulnya demam. Maka pertolongannya adalah paracetamol sebagai upaya untuk menurunkan panas tanpa perlu ke dokter demi menghemat biaya. Ya, kan? Anak kostan harus HEMAT! Bila sakit berlanjut hubungi dokter tentunya. :D informasi lebih lanjut mengenai paracetamol BACA

Sariawan VS Albotiiiiit (Sensor)

Siapa yang belum terkena sariawa selama ini? Kebanyakan sudah kan gan. Sariawan atau bahasa kerennya stomatitis ini biasa menyerang kita akibat terlalu bersemangata makan sehingga bibit tergigit sehingga menyebabkan luka dan peradangan berupa bercak putih atau kuning. Ini nih gan, perih banget. Nah, menurut pengalaman pribadi obat Albothyl ini dapat dengan cepat menyembuhkan penyakit sariawan. Ini didukung bila agan search di google.com "obat sariawan" pasti muncul dah obat ini.

Scabies VS Scabimite

Pernah dengar pepatah Jawa "Kriwikan dadi Grojogan" artinya "air mengalir kecil bisa jadi terjun yang besar" kira-kira seperti itu. Intinya, hal yang kecil dapat menyebabkan masalah besar. Contohnya ya ini nih gan...

Scabies atau bahasa gaulnya gudiken / gudigen / gudikan / gudig / kudis (setiap daerah punya nama tersendiri) ini merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh makhluk mikroskopis tepatnya tungai (mite) dari jenis Sarcoptes scabei. Penyakit ini dapat disebabkan kurangnya menjaga kebersihan. Sedikit cerita ya gan, pernah semester awal karena mahasiswa baru praktikumnya di muara sungai (tau sendiri lah kotornya seperti apa), ditambah kost-kostan yang baru saja pindah, tanpa membersihkan kasur yang ada karena sudah terlihat bersih. Beberapa hari kemudian langsung cos plong ditandai gatal-gatal diarea selangkangan merambat hingga pusar, ketiak, sudut tangan dan dua buah kelapa berharga. Duhh menyiksa gan, penyakit menular hingga teman terdekat, hingga keluarga juga lho gan :( . Maka, baiknya cepat tangani penyakit ini lho gan karena menular dengan cepat.
Sebelum obat sakti "scabimite" sudah banyak cara dan obat yang saya gunakan tapi tidak kunjung sembuh.

Taunya obat ini dari teman dekat yang tertular dan dia datang ke dokter keluarga sehingga diberikan saran obat ini deh. Syukur bisa sembuh, selain obat ini perlu diketahui juga kasur atau segala macam pakaian di bersihkan di paparkan terkena matahari langsung dan selalu jaga kebersihan. Hal ini guna menghilangkan atau mengurangi adanya hewan ini. Oh ya, karena obat ini berlabel K dalam lingkaran merah yang menunjukkan bahwa ini obat keras maka perlu adanya resep dokter.

Alergi VS CTM

Alergi? Tentu pernah dong gan. Ini pernah saya alami waktu krisis moneter sehingga tiap hari makan mie campur telur, maksudnya sih biarpun mie yang penting ada nutrisi dari telur itu. Eh, nggak taunya setelah 5 hari berturut-turut makan mie campur telur kemudian timbul gatal dan kemerahan pada kulit. Gatalnya nikmat sekali, dikasih balsem, minyak kayu putih gak mempan. Akhirnya tanya ke teman anak kedokteran dia menyarankan memberi CTM  singkatan dari chlorfeniramin maleat beli di apotek dengan harga mahasiswa (dua ribu rupiah) selang sehari Alkhamdulillah sembuh.

Maag VS Kontra Maag

Ini nih gan, sebagai anak kost baiknya menjaga pola makan dan kebutuhan makan. Namun sebagai anak kost yang bersahaja ada kalanya harus pandai manajemen keuangan dengan baik akibatnya pola dan jenis makanan tidak terkontrol dengan baik yang dapat menyebabkan nyeri lambung (sederhananya seperti itu). Obat maag yang biasa digunakan ya ini "kontra maag (agan tau lah :D)" jika sakit berlanjut hubungi dokter hubungi orang tua juga supaya uang bulanannya tambah :D .

Serangga VS Obatnya

eh, itu buka penyakit ya? Tapi dapat menimbulkan penyakit lho gan. Maka perlu persiapkan nih bagi anak kostan seperti, kapur barus, kapur ajaib, baygon, hit, dan lain sebagainya. Sesuaikan kebutuhan saja gan. Ini untuk menanggulangi timbulnya penyakit.

Pilek VS Menanggulanginya

Bahasa sederhanyanya pilek atau flue ini biasa menyerang anak kost. Gejala yang biasa dirasakan diantaranya demam, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan dan nafsu makan turun. Kalau saya pribadi ketika gejala awal ini terjadi maka saya tidak langsung istirahat atau menikmati gejala ini, namun meningkatkan aktifitas pada olahraga contohnya badmintoon dan melakukan pernafasan. Syukur besoknya kalau flue menyerang tidak berlangsung lama. Perlu diketahui juga ya, setiap orang memiliki ketahanan tubuh yang berbeda. Seperti sebelumnya "jika sakit berlanjut, hubungi dokter"

Pencegahan VS Penyakit

Pernah dengar dong slogan "Mencegah lebih baik daripada Mengobati" slogan yang bagus dan penting diketahui anak kost. Pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai cara gan, diantarnya menjaga kebersihan, menjaga pola hidup, serta mengonsumsi asupan tambahan. Pencegahan ini masuknya di asupan tambahan ya gan yang baiknya ada persediaan di kostan. Diantaranya berikut


  • Madu : untuk merknya apa saja gan, yang penting tidak kadaluarsa. Madu sendiri memiliki kandungan yang mampu meningkatkan imunitas. Selebihnya dapat di BACA
  • Multivitamin : multivitamin diperlukan karena tubuh tidak memproduksi dengan jumlah banyak suatu vitamin, oleh karenanya perlu mengonsumsi vitamin untuk menjaga tubuh.
  • Vitamin-C : ini nih gan, sebelum mengonsumsi obat karena demam, sariawan atau mau pilek. Biasanya saya mengonsumsi vitamin-C karena dapat efektif meningkatkan imunitas tubuh.
  • dan lain lain


Ada salah seorang Dosen waktu kuliah beliau menyarankan agar jangan buru-buru minum obat kalau itu penyakitnya demam atau pilek, coba biarkan beberapa saat mungkin itu respon tubuh dalam membentuk sistem imun. Kurang lebihnya seperti itu gan.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.  Kritik dan saran yang membangun bisa di komentar ya gan. Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar