Senin, 06 Juli 2015

Bagian Luar Tubuh Ikan

Pendahuluan

Siapa yang tidak kenal "ikan," tentu hampir semua orang kenal dan pernah memakannya. Meskipun ada perbedaan nama ataupun jenis ikannya. Ada definisi sendiri tentang Ikan, menurut UU 31/2004 ikan adalah organisme yang sebagian atau seluruh siklus hidupnya berada di lingkungan perairan. Definisi lain, ikan adalah organisme yang sebagian atau seluruh siklus hidupnya berada dilingkungan perairan dan bernafas menggunakan insang. Banyaknya bentuk ikan menunjukkan bahwa ikan telah mengalami evolusi untuk menyesuaikan dengan lingkungan. Evolusi yang dapat dilihat dengan kasat mata antara lain, bentuk tubuh, sisik, lendir dan sirip.


Bagian Luar Tubuh Ikan

Bagian yang terlihat jels pertama yaitu Kulit.

Kulit dan Sirip

Banyaknya Sirip

Kulit ikan terdiri dari sisik dan diselimuti oleh lendir (mukosa) sebagai perlindungan dan pertahanan tubuh terhadap gesekan dan infestasi. Sifat dari kulit ikan biasanya tidak mengeras (keratonized). Sisik tersusun dari sel-sel squamosa, pada sisik terdapat lubang yang menghubungkan kedalam sensor (indra)  terhadap lingkungan.
Bagian Tulang Sirip Ikan


Terdapat 2 kelompok ikan yaitu ikan air tawar dan air laut. 

Perbedaan Ikan air laut dan tawar

Jaringan Sel Kejut Ikan (Alarm Cell)

Ikal laut memiliki tendensi kehilangan air dan menangkap garam. Sedangkan, Ikan air tawar cenderung kehilangan garam dan menangkap air. 

Kulit ikan merupakan dinding semi-waterproof yang membantu keseimbangan air dan garam, selain ginjal dan insang. 

Terimakasih telah berkunjung, :)

0 komentar:

Posting Komentar