Minggu, 15 Februari 2015

Cara Mengecek Kondisi Baterai HandPhone / SmartPhone (Check Your Baterai)

Baterai milik samsung


          Sekarang ini banyak orang yang memiliki HP (telepon genggam) ataupun Smartphone (telepon pintar), suku cadang yang mendukung hidupnya perangkat ini yaitu adanya sebuah baterai. Baterai sendiri merupakan sumber listrik, secanggih apapun HP atau SmartPhone  yang dimiliki seseorang  namun, baterai yang ada memiliki masalah mpada daya ataupun bentuk semula, maka tak nyaman seseorang menggunakan perangkat ini.
Bagi pengguna HandPhone ataupun SmartPhone berikut cara memastika baterai anda bermasalah atau tidak :

  • Amati bentuk baterai anda kalau perlu bandingkan dengan baterai baru

           Melalui pengamatan baterai, anda bisa melihat masalah luar. Adanya sebuah kelupasan sebuah baterai atau bahkan terjadinya korosi pada baterai dapat menyebabkan elemen penyalur daya mengalami kerusakan. Alangkah baiknya jika anda mengganti dengan yang baru untuk menjaga HandPhone atau SmartPhone anda. Oh iya, metode ini tidak dapat digunakan untuk SmartPhone keluaran terbaru, khususnya iPhone.

  • Cek ketahanan baterai

            Pengecekan dapat dilakukan dengan mengisi penuh baterai, selanjutnya biarkan HandPhone / SmartPhone dalam kondisi StandBy, apabila baterai andai berkurang secara drastis dalam beberapa jam bahkan beberapa menit, maka baterai anda bermasalah.

  • Lepas baterai ditempat datar lalu putar

           Memutar baterai merupakan cara sederhana untuk mengecek kondisi baterai, apabila perputaran lancar maka baterai anda memiliki masalah, biasanya baterai jenis lithium ini dikatakan “melembung” oleh masyarakat ditempat penulis. Ingat, khusus keluaran SmartPhone terbaru tidak dapat dilakukan hal seperti ini.

  • Gunakan layanan untuk mengetahui kondisi baterai

               Pengetahuan yang penulis miliki tentang layanan ini yaitu bagi pengguna Android, dengan cara menekan tombol *#*#4636#*#*. Otomatis anda akan melihat kondisi baterai anda.

Sekian dulu, Terimakasih atas kunjungannya.

Referensi : Kompas

1 komentar: