Minggu, 22 Juli 2018

Lukisan "Banjir di Jawa / A Flood on Java" Karya Raden Saleh Seniman Modern Pertama dari Indonesia

Assalamualaikum wr. wb.

Kembali lagi dengan sebuah tulisan dan ulasan sederhana yang semoga memberikan informasi sekaligus bermanfaat bagi pembaca supaya menambah pengetahuan nih. Yappps... langsung saja, maka kali ini kita akan memberikan informasi terkait karya sebuah karya modern. Berikut nih karya tersebut :

"A Flood on Java"

Lukisan diatas menggambarkan orang-orang yang berada diatas rakit saat sungai banjir di Provinsi Jawa Tengah, lukisan tersebut merupakan karya dari Raden Saleh (1807-1880), Beliau dianggap oleh kalangan terpelajar dan akadimisi sebagai seniman modern pertama dari Hindia-Belanda (Indonesia). Raden saleh merupakan seorang yang terlahir dari kalangan keluarga bangsawan dan belajar dengan seorang seniman yang berasal dari Belgia semasa di Bogor, Jawa Barat sebelum pergi belajar ke Belanda. Raden Saleh menghabiskan waktu selama 20 tahun di Eropa sebelum kembali ke Negara asalnya. Semasa hidupnya karya lukisan diantaranya mengenai pemandangan alam, keluarga bangsawan, dan konsepsi sejarah jawa. Lukisan Raden Saleh  mencerminkan romantisme yang populer di Eropa pada masa itu, tetapi terdapat juga pengaruh dari warisan dan budaya Indonesia sendiri.

Nah, demikian ulasan sederhana mengena Seniman Modern Pertama dari Indonesia (Hindia-Belanda) yaitu Raden Saleh dengan lukisan Banjir di Jawa. Semoga memberikan pengetahuan bagi kalian. Kritik dan sarannya silahkan komen ya, terimakasih.

Sumber :World Digital Library


4 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat menarik. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2OJQQpc

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Makna dari lukisan "Banjir di Jawa" apa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diamati cermat, upaya penggambaran Raden Saleh tentang Jawa, bahwa orang Jawa menerapkan prinsip hidup: bahu-membahu, saling membantu, nyawiji. Lukisan itu juga semacam saduran atau satire/kritik dari lukisan milik Theodore Gericault yang berjudul "Rakit Medusa". Bisa dibandingkan, tapi berkesan dan bermakna beda.

      Hapus