Senin, 21 Agustus 2017

Perbedaan Sirkulasi dan Resirkulasi

Istilah Sirkulasi dan Resirkulasi pada Perikanan Budidaya


Sirkulasi sendiri menurut kbbi adalah peredaran. Tetapi, disini kita akan membahas sirkulasi pada dunia perikanan budidaya. Istilah "sirkulasi" ini dikenal dengan pergantian air pada kolam atau akuarium ataupun media perairan yang terbatas dan teratasi sebanyak 10 sampai 50% volume awal. Seperti contoh diatas, tinggi air semula 80 cm kemudian di keluarkan hingga 60 cm arau sebanyak 25%, setelah itu air baru dimasukkan untuk mengganti air yang dikeluarkan.


Nah, bagaimana dengan penyifonan? Penyifonan sendiri merupakan bagian dari sirkulasi, dimana pada saat melakukan pengeluaran air biasanya diselingi dengan mengeluarkan kotoran yang terdapat didasar kolam. Ingat ! Penyifonan anya dapat dilakukan pada ikan yang berukuran besar untuk menghindari ikan tersedot keluar oleh air, biasanya pada saat penyifonan selang diberi saringan dimaksudkan untuk menghindari ikan terbawa oleh aliran air.

Alat  yang digunakan diantaranya selang untuk mengeluarkan air dan penyaring.

Secara sederhana, sirkulasi berarti pergantian air pada kolam sebanyak (baiknya) 10%-30% dari volume air semula, tujuannya untuk memperbaiki kualitas air. Ala Lalu, apa bedanya dengan resirkulasi? Secara singkat, resirkulasi adalah air yang berada dikolam akan disaring dengan media tertentu setelah air bersih kemudian air dialirkan kembali kedalam kolam. Lebih jelasnya dapat dilihat pada postingan sebelumnya RESIRKULASI

Cukup sekian dulu ya, bila ada kekurangan ataupun kesalah dikomen aja ya gan.... Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar