Selasa, 30 Juni 2015

Obat HATI termasuk "GALAU"

Obat Hati termasuk “Galau / Sakit Hati” :D

Ilustrasi


Berasal dari pengalaman pribadi, bingung karena pemikiran dan mementingkan perasaan. Hampir lupa, ada yang lebih penting dari apa yang kupikirkan sekarang. Memikirkan apa yang seharusnya tidak kamu fikirkan membuat hatimu gelisah, resah, gundah dan kalau anak jaman sekarang menyebutnya dengan “GALAU”. Galau merupakan perasaan yang timbul kala merasakan keresahan hati dan fikiran sehingga menimbulkan kegiatan yang penting bagimu terganggu, terkadang sampai sakit juga lhooo....
Berdasarkan dari kata ke-GALAU-an tersebut timbul sebuah pertanyaan “Apa Obat untuk menenangkan pikiran atau GALAU?” satu pertanyaan yang terjawab dari seseorang yang ku anggap pintar dan lebih berpengalaman. Hanya beberapa kata yang di lontarkan untuk menjawab 1 pertanyaan.
Sambil bercanda dengan menajawab “akeh mas, kae jare nyanyiane cah cilek_cilek,
tombo ati ono limang perkoro.” Dalam bahasa nasional “Banyak mas, itu nyanyian anak kecil-kecil, obat hati ada lima perkara.” jawaban yang sederhana membuatku sadar. Ternyata hal tersebut memang benar dapat menyembuhkan GALAU / keresahan hati.

Gending Jawa "Tombo Ati - Sunan Bonang"

Apa saja 5 perkara yang dapat mengobati Keresahan hati / fikiran / GALAU tersebut,
1.                        Pertama, baca Qur’an dan maknanya;
2.                        Kedua, dirikanlah Shalat malam;
3.                        Ketiga, berkumpullah dengan orang sholeh;
4.                        Keempat, perbanyaklah berpuasa; dan
5.                        Kelima, dzikir malah yang lama.

Saya mencoba menguraikan, kenapa ke-5 hal tersebut dapat menghilangkan GALAU?

1.                        Pertama, Membaca Qur’an dan maknanya;

Ya... memang membaca Qur’an itu menjadi suatu keharusan bagi muslim, kenapa? Karena Al-Qur’an merupakan kitab suci Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dan diturunkan secara mutawatir, isinya mengenai tuntunan hidup yang lengkap bagi setiap makhluk. 
Jika anda membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya, maka anda akan merasa tenang dan berkonsentrasi terhadap isi dan kandungan yang ada didalamnya. Sehingga, kamu akan melupakan kejadian yang membuatmu GALAU dan membuatmu merasa TENANG dari sebelumnya.

2.                        Kedua, Mendirikan Shalat Malam;

Mendirikan shalat malam menurut pandangan saya, shalat malam yang dimaksud yaitu shalat Tahajud. Shalat Tahajud sendiri merupakan shalat yang dikerjakan sebelum 2/3 malam dan dilakukan setelah tidur. Lebih Afdhal (utama)-nya yaitu pada waktu tengah malam. Shalat malam dapat membuat anda merasa tenang, tanpa ada gangguan dan kekhusyukan (Insya Allah) anda dapatkan.
Konsentrasi yang tertuju hanya kepada Sang Illahi, shalat tahajjud sebagai mediasi untuk menghubungkan diri dan dalam keaadan berserah diri kepada Allah SWT maka, curahkanlah kegundahan, keresahan dan permasalahan “termasuk GALAU”  terhadap-Nya. Hanya dengan berserah diri kepada-Nya lah kamu akan merasa lebih baik dari yang sebelumnya, berdoalah semoga ada jalan yang lebih baik dari sebelumnya. Karena rencana Tuhan lebih baik daripada yang kita fikirkan.
3.                        Ketiga, Berkumpul dengan Orang Sholeh;

Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga tidak mungkin kalau dari setiap diri dari kita tidak memiliki “Teman”. Teman atau sahabat dekat pasti kita miliki, tapi ada syarat ketentuan untuk menghilangkan ke-GALAU-an tersebut. Jangan sampai andai memilih teman yang menjerumuskan namun, dalam pilihlah teman yang meluruskan. Kenapa demikian? Orang yang lagi GALAU (cenderung stres) mengakibatkan pemikiran yang kurang rasional, sehingga mudah dipengaruhi oleh orang terdekatnya.
Berkumpullah dengan temanmu yang sholeh (baik), dengan berkumpul dengan temanmu maka kamu tidak merasa kesepian. Masa itu, kamu bisa bercerita tentang permasalah yang ada, dengan bercerita kamu akan merasa bahwa permasalahanmu sekarang bukan semata kamu tanggung sendiri. Teman yang baik, akan memberikan solusi yang baik bagi dirimu.

4.                        Keempat, Perbanyaklah Berpuasa;

Puasa merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menahan dari segala hal yang membatalkan puasa, termasuk menahan GALAU, hehe... Berpuasa akan menyadarkan anda, bahwa permasalah atau keresahan yang anda hadapi ada ujungnya dan memiliki solusi yang terbaik bagi anda.

5.                        Kelima, Memperbanyak Dzikir Malam.

Dzikir merupakan kegiatan meditasi / mengingat Allah dengan membaca pujian kepada-Nya. Bacaan tersebut antara lain yaitu Subhanallah, Alkhamdulillah, La Ilaha Illallah, Allahu Akbar...  Membaca dzikir dengan waktu yang lama akan membuat fikiran anda lebih lega dan tenang tanpa memikirkan persoalan dunia yang anda hadapi karena, konsentrasi fikiran anda terfokuskan pada dzikir dan diwaktu itu pula anda berserah diri kepada-Nya.


Seperti itu, pemaparan yang dapat penulis sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam tulisan, bacaan, atau pemikiran mohon di maafkan. Tulisan ini, semoga memberikan manfaat bagi pembaca dan bagi kalian yang sedang GALAU.

5 komentar: